Friday, December 2, 2011

Jacob Black


Oke, langsung aja, siapa sih yang gak tau Jacob Black? Hahaha, ternyata banyak juga yg belom tau, temen2 gw terutama, macam Eni Martini - seorang penulis novel yang punya fans tersendiri, atau si workaholic Emot, apalagi Erwin yang dunianya cuman game perang dan kendo, hihihihi paraaahhh kalian! Apa gw-nya aja yak yang ke-gaul-an? Perasaan gw orang yang jadul banget :p

Jacob Black tuh karakter fiksi, tauk. Rincinya lagi entar yak, gw jelasin dulu alasan gw nulis tentang dia. Gw juga gak percaya sih cuman gara2 seorang Jacob Black, gw rela repot2 buat notes ini, padahal banyak tema lain yg lebih penting yg pengen gw tulis, Gayus misalnya *real jurnalis aja kalah analisanya huwahahaha* eeeh malah yg norak kayak gini yg malah loncat2 di kepala gw pengen SEGERA ditulis. Apalagi setelah gw googling, gak taunya ya ampuuun banyak banget abg yg juga nge-fans sama Jacob Black, hahahahaha! 

Gw kirain semua cewek kleper2nya cuman sama Edward Cullen, jiaaaah! Gw udah males aja terusin niat nulis notes, apalagi misi notes ini adalah menunjukkan betapa Edward gak ada apa2nya kalo dibandingin sama Jacob hehehe *misi yang asli norak*. Apalagi betapa kadaluwarsanya tema ini hahahaha, novel tetraloginya aja udah ada sejak tahun 2005 sampe 2008, filmnya sendiri terakhir Eclipse udah dari awal tahun ini ya, lupa! Tapi bodo ah, gw lagi stres ma gawean, pengen mikir sesuatu yg laen, yg norak abis hehehe.

Kenapa malah tema Jacob Black yg keluar, ya karena gw baru niat baca novel2nya Stephenie Meyer, hahahaha setelah berbulan2 *eh mungkin ada setahun kali yak hihihi* dengan cantiknya novel2 itu masih terbungkus plastik nongkrong di lemari buku. Itu koleksi paksaan sih, hasil kerjaan Menik Tjahyoningrum yang udah beli edisi softcovernya tapi ngiler berat sama bonusnya di cetakan yang keberapa gituh, jadi gw dipaksa ambil novelnya, dia ambil bonusnya, pintar ya elo, Nik! Hehehe padahal waktu itu gw begitu jijaynya sama demam Twilight, apaan sih, filmnya aja norak, cinta2an begitu, so romantic, huweeek :p Yang gw suka dari film itu cuman satu: kemunculan si Indian boy, named Jacob Black. Gak tau kenapa ya, dari dulu gw suka deh liat cowok2 Indian hahaha, maybe kepengaruh sama film jadul The Last of Mohicans kali yak, abis keliatan cowok banget, gak cemen hahahahaha. Jadi gw lumayan seneng pas di film2 berikutnya, si Jacob kebagian banyak peran *malahan seharusnya dia dibikinin film sendiri, huh* dan gw nggak ngerti kenapa cewek2 laen malah kleper2nya sama si muka pucat, ampyun deh.

Oke, now let’s see who is Jacob Black. Jacob adalah salah satu karakter novel-film tetralogi-nya Stephenie Meyer, yang judulnya masing2: Twilight-New Moon-Eclipse-Breaking Dawn. Ceritanya berkisar tentang cinta terlarang antara manusia (Bella Swan) dan vampire (Edward Cullen). Jacob ini sahabatnya Bella, seorang asli Indian suku Quileute, yang tinggal di reservasi La Push, deket kota kecil Forks, Washington *kota ini bener2 ada, loh*. Di Twilight, dia cuman tempelan doank, cuman sebagai tokoh kunci yang ngebantu Bella ngerti kalo si Edward itu vampire lewat cerita legenda sukunya. Tapi meski peran dia cuman sedikit, karakter dia sangat berkesan. Saking berkesannya Stephenie Meyer sampe bilang gini, “Jacob adalah karakter minor yang sangat hidup, sampai2 saya nggak tega menguncinya hanya di peran kecil. Saya sangat menyukainya.” Bener, kan? *penulis bestseller sama calon penulis bestseller emang mestinya sepaham sepengertian, hahaha*

Ini terbukti di sekuelnya yang berjudul New Moon. Jacob masuk jadi tokoh utama. Awalnya adalah legenda suku Quileute. Bahwa suku Quileute berasal dari keturunan pejuang roh, dimana kaum lelakinya bisa berperang hanya dengan mengirimkan rohnya. Tapi kehebatan ini punya kelemahan, karena jasad yang ditinggalkan bisa diperdaya oleh orang lain, akibatnya kehidupan si pemilik jasad bisa tercuri. Ini terjadi pada jasad sang Kepala Suku yang sangat mencintai dan dicintai rakyatnya, Taha Aki, yang diambil oleh anak buahnya yang iri, Utlapa. Roh Taha Aki melayang2 tak bisa kembali ke dunianya. Hingga ia berteman dengan seekor serigala besar di hutan, yang ukuran tubuhnya terlalu besar untuk jenisnya. Suatu saat Taha Aki memohon pada si serigala untuk memberinya ruang bagi rohnya, untuk berbagi raga. Si serigala setuju karena tak tega melihat penderitaan Taha Aki. Akhirnya sebagai satu tubuh, manusia dan serigala itu kembali ke kampungnya. Ketika ada salah satu anak buahnya mengenalinya sebagai sang Kepala Suku, anak buahnya itu malah dibunuh oleh Utlapa. Melihat itu Taha Aki sangat marah. 

Kemarahannya adalah kemarahan seorang lelaki. Kecintaannya terhadap rakyat dan kebenciannya pada penjajah rakyat seperti Utlapa, terlalu besar untuk tubuh si serigala, terlalu manusia. Serigala itu pun bergetar dan berubah jadi manusia, sosok Taha Aki yang sesuai dengan pembawaan rohnya, lebih agung dan hebat daripada jasad aslinya. Utlapa pun akhirnya dibunuh Taha Aki dan ia kembali memimpin rakyatnya, hidup dalam damai hingga bertahun2 kemudian. Jika ada bahaya mengancam, ia akan merubah dirinya menjadi serigala untuk melawan atau menakut2i musuh. Kemampuan ini pun ia wariskan pada setiap keturunannya. Sebenarnya takdir menjadi werewolf tak selalu ada di setiap generasi, tergantung apakah ada bahaya yang mengancam. Nah, karena di dekat La Push, yaitu di Forks ada satu keluarga vampire, yaitu keluarga Cullen, maka takdir werewolf muncul lagi di sebagian keturunan Taha Aki jaman kini. Jacob adalah salah satunya. Ia akhirnya tumbuh sebagai manusia werewolf, yang berubah hanya pada saat ia marah *ternyata bukan saat bulan purnama, hahaha so hollywood :p*.

Diceritakan bahwa Edward meninggalkan Bella, Bella depresi berat dan mulai intense bersahabat dengan Jacob. Dari a little crush-nya Jacob di Twilight, akhirnya di sini Jacob fall-in-love beneran sama Bella. Bella bisa tersenyum lagi bla-bla-bla dan ujung2nya Jacob yang gantian depresi saat Bella akhirnya lebih memilih menyusul Edward ke Italia. Sudah bisa ditebak, mereka bersatu lagi *uuuggh picisan banget sih*. Sebenarnya Bella juga memikirkan Jacob, betapa kepedihan hati Jacob adalah kepedihan hatinya juga. Meyer berhasil menemukan untaian paragraf yang pas untuk hal satu ini. Menjadi akhir New Moon yang getir tapi beautiful.

Di sekuel berikutnya, Eclipse, konfliknya jadi makin lumayan. Intinya adalah Jacob kali ini gak mau tinggal diam, dia bertekad membuktikan pada Bella, kalo Bella juga mencintainya. Banyak yang gw suka di Eclipse ini, khususnya yang ada Jacob-nya hehehe, coz saat Bella bersama Jacob, cerita Meyer jadi lebih hidup dan menyenangkan. Salah satunya saat Bella menyadari kalo si Jacob itu bener, bahwa dia juga mencintai Jacob *dasar telmi, lo!*. Meski di ujung cerita Bella akhirnya tetap memilih Edward. Sediiiih. Yang luar biasa adalah cara Jacob ngatasin sedihnya ini. Bener2 dah gw acungin jempol buat Meyer. Untuk mengatasi kesedihannya, Jacob memilih pergi dari La Push, mengembara dalam bentuk werewolf, ke hutan belantara bagian utara, dimana ia akan kembali sampai saatnya ia siap. Ending getir but beautiful berubah jadi tragis yang amat sangat memilukan.

Nah, ending yang begini nih yang ngebuat gw jadi ngeringkel, kayak uler, melukin bantal mulu, coz beneran ngebayangin sakitnya Jacob. Saking sedihnya, gw sampe mikir dan mikir, ya ampun, Jacob, kesian bener sih elo, sampe akhirnya gw putusin bahwa ketragisan Jacob mesti gw abadikan di notes *ciyeeeh, noraknya keliatan bener deh gw, cuman fiksi doank tapi malah dipikirin nasibnya hahahaha*.

Gw belom baca yang terakhir sih, Breaking Dawn, si Menik ninggalin buku yang satu ini masih di Jakarta, dan sekarang dia sibuk jadi new mommy tapi katanya janji mo ngirim abis lebaran ini *yippiiie*, tapi gw udah googling dan cerita akhirnya gak kreatif banget. Mengecewakan.

Jadi ceritanya di dunia werewolf itu ada yang namanya imprint, yaitu sebuah metode bagaimana werewolf menemukan belahan jiwanya *tentu saja belahan jiwanya itu manusia juga, bukan serigala hehehe*. Imprint ini lebih kuat daripada cinta, katanya. Sekali seorang werewolf mengalami imprint, dia tak bisa berpaling ke yang lain. Bisa dibilang sudah takdirnya *gampang banget ya, seandainya manusia juga mengalami imprint, gak susah2 nyari jodoh deh, hahahaha tinggal nunggu ketemu ajah heheheh*. Nah di Breaking Dawn ini, ceritanya Bella-Edward menikah, Bella hamil dan ternyata, anaknya Bella inilah imprintee-nya si Jacob. Huh, gak seru. Emang sih Jacob bisa menunggu coz werewolf gak akan pernah menua kecuali dia sengaja meninggalkan kemampuannya berubah bentuk, tapi tetep ajah, gak kreatif amat, ada karakter baru gitu kek, tipe cewek yang jauh mengesankan dibanding Bella, misalnya hehehe.

Bukannya gw anti-Bella sih, tapi ya ampun, kadang gw gak ngerti, apa dia gak cape yak, yang dibahas sama Edward tuh cuman “oh, aku tak akan bisa jauh dari kamu” “oh, dia tampan sekali, aku sampe gemeteran” “aku akan selalu menjagamu sampai kapanpun” bla-bla-bla. Cape bacanya. Bisa dibilang Bella juga amat sangat tergantung sama Edward. Bego banget. Padahal dia itu pinter. Bukannya gw sok feminis, tapi gila yak, itu cewek sok rapuh banget sih, padahal sebenarnya bisa2 aja ngapa2in sendiri. Gak bisa kontrol dirinya sendiri. Belum lagi mupeng-nya itu! Setiap liat Edward, mulai deh mulaaaai, yang dibahas betapa tampannya Edward, betapa indah warna matanya jiaaahh hahahaha. Ini diulang terus di setiap novelnya, bayangkan! Hahahaha nggak ada capeknya yak yang ngarang.

Bukannya gw anti-Edward juga sih. Tapi bagi gw Edward itu ngebosenin, tampangnya pucet banget, cemen, terlalu romantis dan overprotektif. Well, lagian I’ve already have my own Edward hehehe, soalnya nama aslinya Eddie Vedder itu Edward juga hahahaha *ngocol*.

Sementara Jacob? Hehehe gw pernah bahas ini sama elo, Ta. Macho? Cuman macho? Ya ampun, ini gara2 filmnya yang hanya memberi kesan kalo Jacob itu macho. Padahal kelebihan Jacob itu banyak banget!!! Pertama, dia sangat tidak membosankan, mungkin karena dia itu cerdas, baik secara emosi juga logika. Simak aja komunikasinya sama Bella, yang dibahas banyak, gak cuman “Bella! Please pilih gw, jangan pilih si muka pucat, pleaseee…”. Saat dia diskus tentang perasaannya pun yang dipakai adalah bahasa logis, gak mendayu-dayu kayak Edward. Kedua, Jacob sangat hidup *bener kan, logikanya dia lebih hidup dibanding si muka pucat :p*. Hidup Bella lebih berwarna saat bersama Jacob. Mulai dari belajar naik motor, hiking, terjun ke laut dari tebing tinggi, sampe yang sepele seperti nonton bioskop. Meyer bener2 ngegambarin betapa hidupnya keduanya saat bersama2. Ketiga, Jacob itu lucu, hangat, suka nyengir, dan cengirannya amat menular. Orang2 di sekelilingnya pasti ketularan nyengir juga. Jacob juga sinis. Orang yang lucu tapi juga sinis adalah sempurna. Hubungannya dengan Bella keseluruhannya adalah saling mengejek, hahaha bener2 hubungan yang sangat normal.

Yeah, emang sih soal elo pilih yang mana, Jacob atau Edward, adalah tergantung dari kepribadian elo sebagai cewek. Kalo lo cewek romantis pastilah pilih Edward. Cewek umumnya mungkin romantis kali ya, coz kayaknya semua cewek yang gw tau pilihannya ya pasti Edward, hahaha gw baru tahu kemaren dari mbah google kalo banyak juga yang pilih Jacob. Kirain gw doank, hihihihi *norak deh*

Oya, terakhir, ada satu fakta yang menjijikan, gw baru tau kalo si Taylor Lautner, pemeran Jacob Black di filmnya, ternyata adalah pemeran Shark Boy di film anak2 Lava Girl tahun berapa ya lupa. Yang bikin shock, baru kemaren gw nonton bareng film itu sama Ozza en Naula di rumah, jiaaaaah berasa banget dah gw dah tua *si Lautner ini kelahiran tahun 1992! huwahahahahahaha* Brondong jagung…..brondong jagung…. satu lima ribu….satu lima ribu…. Huwakakakakakk….

Ok, friends, sekali lagi, sori yah, notes ini mungkin terlalu norak, gak ada ujung dan pangkal, apalagi kesimpulan siapa yang menang hihihi. Gw cuman share sesuatu ajah sama kalian, I miss you all, guuuuyyyys!!!! :D

No comments:

Post a Comment